KKM Kebangsaan, sebulan di Kalimantan. Ini tanggapan Teh Haliza.

Posted on

Introduction:

hallo perkenalkan, saya Haliza Meizahro Awwaly Saepulloh saya merupakan mahasiswa program studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Uniersitas Sultan Ageng Tirtayasa, dan saat ini saya sedang menjalani pendidikan di semester 7.

Mengapa sih ingin mengikuti KKN Kebangsaan?

Ketika saya membaca informasi mengenai KKN Kebangsaan, saya sangat tertarik untuk mengikuti program tersebut, pasalnya, sejak duduk di bangku sekolah, saya selalu ingin pergi ke pulau lain, khususnya Pulau Kalimantan dan Pulau Papua untuk mengajar dan bertemu warga asli di Pulau tersebut. Dan kebetulan, program KKN Kebangsaan dan Bersama tahun ini dilaksanakan di Kalimantan Tengah, tepatnya di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas. Sehingga saya sangat tertarik dan termotivasi untuk mengikuti KKN Kebangsaan dan Bersama tahun 2022 ini. dalam benak saya, saya akan melaksanakan cita-cita saya untuk mengajar dan mengabdi kepada masyarakat yang membutuhkan, sehingga saya dengan sangat siap menyiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk seleksi KKN Kebangsaan dan Bersama tahun 2022.

 

Gimana caranya agar dapat terpilih?

Informasi mengenai KKN-K ini biasanya disebarkan oleh masing-masing jurusan, tips dari saya, baiknya untuk calon peserta rajin-rajinlah membaca informasi di masing-masing grup atau media sosial jurusan atau universitas, karena banyak pula teman-teman saya yang tidak mengetahui mengenai informasi KKN-K ini. kemudian perhatikan persyaratan dan ketentuan yang berlaku, karena setiap tahun regulasi yang diberikan oleh penyelenggara akan berubah-ubah. 

Seleksi pertama akan dilakukan oleh pihak fakultas dengan memperhatikan berkas yang sudah ditentukan, dengan kata lain, calon peserta harus menyiapkan berkas dengan sebaik-baiknya. kemudian akan dilaksanakan seleksi Universitas dengan sistem Interview. yang harus diperhatikan adalah, calon peserta perlu merancang program kerja apa saja yang akan direalisasikan, kemudian rajin-rajinlah mencari tahu mengenai tema dari KKN Kebangsaan yang akan dilaksanakan. sehingga calon peserta bisa menyesuaikan proker dan juga tema yang disiapkan oleh panitia. ketika interview, silahkan calon peserta untuk branding diri sebaik-baiknya, jelaskan kelebihan kalian dan jelaskan segala pengalaman yang sudah dilakukan, terutama jika calon peserta merupakan mahasiswa yang terbiasa terjun dilingkungan masyarakat, maka hal tersebut akan menjadi salah satu poin lebih bagi calon peserta ketika interview. yang terpenting adalah siapkan diri, mental, dan kesehatan sebelum menjadi peserta KKN Kebangsaan dan Bersama.

Mengapa mahasiswa perlu mengikuti kegiatan ini?

KKN kebangsaan merupakan program nasional yang wajib kalian ikuti, pasalnya kalian bisa dengan cuma-cuma datang ke pulau atau daerah lain tanpa biaya. pengabdian pada masyarakat merupakan salah satu pilar tridharma perguruan tinggi, dan KKN-K menjadi pesta besar bagi mahasiswa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat wilayah lain. kita bisa bertemu dengan teman-teman se-Indonesia, bukan hanya satu atau dua universitas tapi puluhan universitas yang akan kita temui di KKN Kebangsaan ini. selain itu, kalian bisa mengetahui kearifan lokal, budaya, kebiasaan, adat istiadat bahkan masyarakat adat asli daerah yang akan kalian datangi nantinya. belum lagi ketika kalian bertemu dengan teman-teman baru, bahkan mungkin pasangan di KKN Kebangsaan ini, karena kalian akan dipertemukan dengan ribuan manusia unik didalamnya, tentunya jika kalian beruntung. pada intinya program KKN-K ini sangatlah direkomendasikan, karena UNTIRTA menjadi salah satu kampus terbaik yang memfasilitasi mahasiswanya untuk mengikuti program KKN-K. sehingga, tidak ada salahnya untuk mencoba bergabung di KKN Kebangsaan yang akan datang.


Kesan teh Haliza selama mengikuti kegiatan.

Banyak sekali kesan yang tertinggal selama mengikuti KKN Kebangsaan, mulai dari proses seleksi sampai pada pemulangan ke Universitas masing-masing. mulai dari bertemu dengan mahasiswa fakultas lain pada saat proses seleksi, hingga pemberangkatan ke desa. kesan yang tidak akan pernah saya lupakan adalah ketika penerimaan masyarakat yang luar biasa diberikan kepada saya, saya secara rutin mengajar di SD desa Pangkoh Sari (tempat kkn saya) dan murid yang saya ajar selalu memanggil saya dengan sebutan “bu guru”, sampai saat ini, jika teringat suara anak-anak saya selalu berkaca-kaca. selain itu, warga yang selalu memanggil saya dan meminta saya mampir menjadi salah satu hal yang amat saya rindukan. teman-teman satu kelompok saya juga menjadi salah satu anugrah manis yang saya temukan selama di Kalimantan Tengah, 10 orang dengan suku, watak dan kebiasaan yang 180 derajat berbeda memberikan pelajaran bahwa ini adalah Indonesia, dan perbedaan itulah yang menjadikan huma betang kalimantan tengah masih eksis sampai saat ini, dan selama kami KKN-K, kami merealisasikan Huma Betang. ratusan bahkan ribuan kenangan manis selama saya KKN Kebangsaan tidak akan pernah bisa disebutkan satu-persatu, akan terekam dalam ingatan saya dan menjadi cerita luar biasa yang terjadi dalam hidup saya selama saya menjadi seorang Mahasiswa.