Kisah Kang Maulana yang mengikuti KKN Kebangsaan di Ujung Barat Pulau Kalimantan

Posted on

Adil Ka’ Tallino Bacuramin Ka’ Saruga Basengat Ka’ Jubata

Arus! Arus! Arus!!!

Saya Maulana, Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan jurusan Pendidikan Sosiologi angkatan 2020 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Syukur Alhamdulillah saya ucapkan terima kasih banyak kepada Allah SWT, hal yang mungkin tidak terpikirkan sama sekali oleh saya bisa diterima dan bergabung bersama teman-teman hebat lainnya menjadi delegasi salah satu dari sepuluh (10) rekan-rekan mahasiswa terbaik tiap fakultas untuk mengikuti program KKN KEBANGSAAN Tahun 2023 di Universitas Tanjungpura Pontianak – Kalimantan Barat.

Pengalaman baru yang luar biasa bisa menjelajah di tanah borneo Kalimantan barat, selain mendapat wawasan kebangsaan, mengabdi sebagai warga bangsa indonesia saya juga banyak mendapat pelajaran ketika disana. Mendapatkan banyak teman baru yang berbeda pemikiran, beda bahasa, adat istiadat juga beda pulau, saya bersyukur bisa dipersatukan dalam tempat yang luar biasa bersama mereka. Saya mendapatkan urut kelompok 42 berjumlah 8 orang dari universitas yang berbeda-beda dan ditempatkan tepatnya di Desa Puringan Kecamatan Teluk Keramat Kabupaten Sambas.

Kuliah Kerja Nyata Kebangsaan adalah program yang sangat luar biasa menurut saya, tidak terpikirkan sebelumnya untuk bergabung bersama pada program ini namun alhamdulillahnya dipercaya untuk menjadi bagian dari program tersebut. Kesan selama disana sangat-sangat berkesan sekali saya disambut ramah baik dengan teman-teman di Pontianak maupun saat saya datang ke desa tempat mengabdi, dan uniknya saya sampai hafal dengan lirik lagu sungai Kapuas. Karena memang sangat berkesan menurut saya ketika saya naik sampan di sungai Kapuas sore hari itu.

Tidak lupa dengan program kerja yang telah dilaksanakan di desa sekitar 10 program yang terlaksana mulai dari digitalisasi, edukasi, juga sosialisasi. Dan saya sendiri membawa program kerja Mengajar di Sekolah Dasar, Membuat Website gratis di Google Sites, Dan Membuat artikel di laman web. Dan syukurnya semuanya terlaksana dengan baik, setiap harinya menurut saya ada kesan tersendiri yang mungkin menarik bagi saya sebagai pendatang di desa tempat kami mengabdi.

Pesannya, untuk teman-teman yang nantinya ingin mendaftarkan diri dan mengikuti program ini untuk silakan dipersiapkan segala sesuatunya terutama kesehatan fisik dan mental juga siapkan persyaratan-persyaratan administrasinya semoga pendidikan sosiologi bisa terus eksis di program ini ya, aamiin.