Cegah Berita Hoax, Himadiksio Gelar Pelatihan Jurnalistik

Posted on

SUARADEWANTARA.ORG, SERANG – Berita bohong alias hoax telah mewabah di media sosial Indonesia. Ironisnya, media massa (pers) malah ikut menyebarkan bahkan memproduksi berita bohong tersebut. Hal ini tentu mengancam masyarakat dan juga media.
Jurnalistik
Untuk mencegah berita hoax, Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sosiologi (Himadiksio), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar pelatihan jurnalistik. Kegiatab ini dilaksanakan di ruang kelas di Untirta Kampus C pada Kamis (10/5).

Ketua Himadikso, Iip Supriatna menjelaskan, pelatihan ini digelar untuk memberikan edukasi dasar jurnalistik dan menciptakan pola komunikasi dan kaloborasi antara mahasiswa dan masyarakat.

“Sebagai organisasi mahasiswa (Ormawa) wajib mengedepankan akuntabilitas publik melalui diseminasi informasi yang baik dan edukatif, untuk itu kami perlu meningkatkan kapabilitas dan kualitas jurnalistik khususnya dikalangan mahasiswa,” jelas Iip dalam sambutannya.

Ketua Panitia Pelaksana, Irfan Fadilah menambahkan, pelatihan diikuti oleh sekitar 50 mahasiswa dari pengurus himpunan dan mahasiswa Pendidikan Sosiologi. Selanjutnya, para peserta itu akan terus diberikan materi secara bertahap serta praktek untuk mampu bisa belajar menulis berita yang akurat dan berimbang

“Untuk peserta sendiri ada sekitar 50 mahasiswa diantaranya dari pengurus dan mahasiswa (Pendidikan Sosiologi-red). Diharapkan para peserta mampu melaksanakan dokumentasi serta mampu membuat penulisan pelaporan yang akurat,” katanya.

Sumber : https://suaradewantara.org/berita-mahasiswa/cegah-berita-hoax-himadiksio-gelar-pelatihan-jurnalistik/