Jurusan Pendidikan Sosiologi Menduduki Peringkat 6 di FKIP Untirta

Posted on

Pengumuman SNMPTN merupakan salah satu berita yang paling dinanti oleh siswa-siswa SMA/K di seluruh Indonesia. Jalur SNMPTN merupakan jalur tanpa tes yang dapat diikuti siswa/I dengan persyaratan tertentu. Hanya siswa/i dengan status eligible saja yang dapat berkompetisi di SNMPTN. Baru-baru ini Untirta mengumumkan jumlah peminat SNMPTN dari 42 jurusan yang ada yang tersebar di 6 fakultas. Fakultas dengan jurusan paling banyak adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang memiliki 18 jurusan + 1 Program Profesi Guru. Dari 18 jurusan yang ada di FKIP, Jurusan Pendidikan Sosiologi merupakan jurusan dengan peminat terbanyak ke-6 dengan jumlah 389 pada tahun 2022. Peminat jurusan pendidikan sosiologi mengalami peningkatan sebanyak 37 orang dibandingkan dengan SNMPTN 2021 yang berjumlah 352 orang. Adapun 10 besar jurusan yang paling diminati di lingkungan FKIP adalah PGSD, Bimbingan Konseling, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, PG PAUD, serta Pendidikan Sejarah.

Berikut kita simak testimoni mahasiswa jalur SNMPTN dari 3 angkatan yakni angkatan 2019, 2020, serta 2021.

Ratiah, SNMPTN 2019

  1. Apa motivasi memilih jurusan pendidikan sosiologi Untirta? 

Motivasi saya memilih jurusan pendidikan sosiologi di Untirta karena saya termotivasi oleh alm. Guru saya di SMA, dalam hati saya ternyata jadi guru sosiologi asik lebih bersosial, ketika saya pas SMA pas pelajaran sosiologi dapat dipahami dalam pembelajarannya, pas ada jalur SNMPTN saya oleh guru2 dikasih saran untuk pilih jurusan pendidikan sosiologi,  sebelum alm guru sosiologi saya meninggal saya juga sama beliau disuruh pilih jurusan pendidikan sosiologi, biar nanti bisa menggantikan beliau, saya masih ingat dengan kata-kata beliau, alhamdulilah saya keterima di jalur SNMPTN dengan pilihan pertama pendidikan sosiologi di Untirta.

  • Apa tanggapan kuliah di pendsos Untirta?

Tanggapan saya kuliah di pendidikan sosiologi, setelah saya kuliah selama 6 semester ini sudah merasakan nyaman dan asik di jurusan pendidikan sosiologi, yang awalnya masih bingung dengan jurusan pendidikan sosiologi itu kaya gimana, seperti apa, akan tetapi lama kelamaan saya menjalani semuanya ternya asik, dosen-dosennya juga pada baik, asik juga.. the best pokonya jurusan pendidikan sosiologi..

  • Harapan untuk jurusan pendidikan sosiologi Untirta

Harapan saya untuk jurusan pendidikan sosiologi Untirta, semoga segera mendapatkan akreditasi A, semoga semakin bertambah banyak peminatnya dan semoga menciptakan lulusan-lulusan terbaik dan semakin jaya terus….

Ratiah, 2019.

Maulana, SNMPTN 2020

Apa motivasi memilih jurusan pendidikan sosiologi Untirta?

Motivasi saya memilih pendidikan sosiologi Untirta adalah menurut saya pendidikan sosiologi Untirta adalah jurusan yang sangat bagus untuk mereka yang cenderung berpikir kritis dan seseorang yang dapat mengembangkan pembicaraannya secara baik, maka dari itu saya lebih memilih pendidikan sosiologi Untirta dan pendidikan sosiologi adalah jurusan satu-satunya yang ada di provinsi Banten yaitu hanya ada di Untirta.

Apa tanggapan kuliah di pendsos Untirta?

Tanggapan saya kuliah jurusan pendidikan sosiologi adalah, sangat bagus sekali karna yg saya ketahui pendidikan sosiologi di banten satu-satunya hanya ada di Untirta maka dari itu terdapat kebanggaan sendiri ketika masuk kedalam jurusan pendidikan sosiologi Untirta.

Harapan untuk jurusan pendidikan sosiologi Untirta?

Harapan saya untuk jurusan adalah mungkin sama ya seperti harapan teman-teman yang lain ingin sekali pendidikan sosiologi Untirta terakreditasi A karena yang kita ketahui jurusan ini masih berakreditasi B semoga kedepan bisa lebih baik dan semakin baik.

Maulana, 2020

Kavita, SNMPTN 2021

Apa motivasinya memilih jurusan pendidikan sosiologi Untirta?

Motivasi saya memilih pendidikan sosiologi di untirta, karena memang berangkat dari ketertarikan dalam bidang pendidikan dan sosial juga sebenarnya. Kebetulan saya juga kagum dengan seorang mba Najwa Shihab, yg makin membuat saya tertarik dengan sosial dan juga dunia pendidikan. Nah, hal tersebut yg menjadikan saya untuk memilih pendidikan sosiologi di untirta, harapannya agar nanti saya juga kelak jika menjadi seorang pendidik bisa memotivasi banyak orang minimal anak didik saya dalam bidang pendidikan dan bidang sosial. Saya juga kebetulan punya guru SMA alumni dari pendidikan Sosiologi untirta, dimana pembawaan saat berbicara nya sangat mudah dipahami, dan akhirnya saya memutuskan menempatkan jurusan pendidikan sosiologi ini di pilihan pertama saat jalur snmptn 2021.

Apa tanggapan kuliah di pendsos Untirta?

Tanggapan kuliah di pendidikan sosiologi untirta, memang dari awal saya punya ekspetasi memilih jurusan ini di untirta, karena saya lihat beberapa orang alumni dari jurusan pendidikan sosiologi untirta ini salah satunya guru saya, beliau sangat berhasil dalam segi bersosialisasi nya bahkan dalam mengajar nya pun sangat mudah dipahami. Dan sangat benar sesuai ekspetasi saya, dimulai dari para dosen di jurusan ini mempunyai cara penyampaian dan sistem pembelajaran yg sangat baik, yg kita tau bahwa jurusan ini banyak sekali teori tetapi para dosen di jurusan ini mempunyai caranya agar terlihat tidak membosankan, dengan cara penyampaian yg sangat santai tetapi mudah dipahami. 

Namun, tidak hanya dari sisi jurusan saja. Dari sisi teman-teman kelas juga sangat di luar ekspeKtasi, banyak dari mereka yg mempunyai prestasi baik akademik maupun non-akademik, tetapi meraka tidak ada yg merasa lebih unggul. Nah, itu yg membuat saya merasa sangat tepat memilih jurusan pendidikan sosiologi di untirta.

Kavita, 2021

KAMI UCAPKAN SELAMAT DATANG DI JURUSAN PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNTIRTA

BAGI MAHASISWA BARU ANGKATAN 2022