YUK!! Kita Ulik Pengalaman Menarik Mahasiswa Pendidikan Sosiologi di Program Kampus Mengajar

Posted on

A Short Introduction to Kampus Mengajar

Kampus Mengajar adalah bagian dari program MBKM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Program ini merupakan transformasi dari Program Kampus Mengajar Perintis yang bertujuan untuk memberikan solusi bagi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terdampak pandemi dengan memberdayakan para mahasiswa untuk membantu para guru dan kepala sekolah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19. Program Kampus Mengajar ini mengajak para mahasiswa untuk berkolaborasi, beraksi, dan berbakti untuk negeri di sekolah yang ditugaskan baik jenjang SD maupun SMP. Mahasiswa sebagai agen perubahan (agent of change) diharapkan akan membantu meningkatkan kualitas pendidikan di jenjang SD dan SMP khususnya di bidang literasi dan numerasi. Dengan mengikuti kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022, mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mengasah jiwa kepemimpinan, soft skills, dan karakter, serta mendapat pengalaman mengajar yang dapat diakui dan disetarakan dalam bentuk satuan kredit semester (sks). (sumber: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kampus-mengajar)

A. Geulisdani Anugrah Angkatan 2019

Apa Motivasi Anda?

Motivasi saya mengikuti Program Kampus Mengajar Angkatan 3 ini yaitu karena saya tertarik untuk ikut berpartisipasi dalam program kemendikbudristekdikti, saya juga ingin menambah pengalaman baru, wawasan baru, cerita baru di luar lingkungan kampus dan juga menambah teman baru agar saya bisa banyak belajar serta mengambil manfaat yang positif dari setiap kegiatan yang saya lakukan selama menjalankan program ini. Selain itu, saya juga ingin melatih kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat sekolah karena basic saya dari Pendidikan Sosiologi maka dari itu melalui program kampus mengajar ini, saya termotivasi untuk bergabung dengan sekolah.

Kendala yang Anda Alami?

Kendala saya selama mengikuti Program Kampus Mengajar Angkatan 3 ini yaitu jarak darii sekolah penempatan dengan rumah saya cukup jauh, kurang lebih sekitar 3 jam perjalanan sehingga mengharuskan saya untuk berangkat lebih awal dari rumah (lebih pagi) karena saya tidak ngekos melainkan PP. Disamping itu, ketika cuaca sedang musim hujan, akses jalan ke sekolah penempatan juga cukup sulit karena jalanan nya rusak dan licin penuh lumpur sehingga mengharuskan saya untuk memiliki tenaga ekstra dan lebih hati-hati atau teliti ketika memilih jalan. Selain itu, kendala yang dihadapi di sekolah yaitu ketika kita menemukan siswa yang belum bisa calistung (baca, tulis dan hitung), hal ini merupakan tantangan yang harus kita atasi.

Mengapa Mahasiswa harus mengikuti program ini?

Menurut pendapat saya, mengapa mahasiswa harus mengikuti Program Kampus Mengajar Angkatan 3 ini yaitu karena program ini memberikan banyak manfaat untuk mahasiswa. Selain mendapatkan pengalaman dan wawasan yang baru, mahasiswa juga memiliki manfaat lain seperti mendapatkan uang saku per bulannya, mendapatkan konversi mata kuliah sebanyak 20 sks, dan mendapatkan potongan UKT. Hal ini merupakan keuntungan tersendiri bagi mahasiswa, dimana kita bisa sekaligus belajar sambil mencari pengalaman berharga yang menarik dan menyenangkan tentunya.

Tips dari Kamu?

– Fisik

Tips untuk mengikuti Program Kampus Mengajar Angkatan 3 dari segi fisik yaitu harus mempersiapkan fisik yang kuat, tubuh yang sehat baik jasmani dan rohani, harus memiliki kebalan tubuh dan selalu menjaga kesehatan dimanapun berada.

– Mental

Dari segi mental, mahasiswa harus memiliki mental yang kuat dan stabil ketika berada di lapangan. Mahasiswa harus mampu mengelola situasi dan kondisi apapun yang terjadi di lapangan dan mampu untuk menempatkan dirinya dalam masyarakat.

Foto selama kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 3 di SDN 2 SUKAHARJA

B. Yuli Sadiyah Angkatan 2019

Apa Motivasi Anda?

Motivasi yang mampu menumbuhkan saya untuk mengikuti program kampus mengajar ini, agar mampu mengembangkan pengetahuan dalam bidang pendidikan dengan terjun langsung ke sekolah. Sehingga mampu mengetahui dimana kekurangan pemahaman saya dalam bidang pengetahuan. Selain itu motivasi saya mengikuti kampus mengajar ini agar mampu membantu adek-adek di sekolah SD Tirem 2 belajar bersama untuk dapat meningkatkan tingkat literasi dan numerasi peserta didik di sekolah SD Tirem 2.

Kendala yang Anda Alami?

Kendala yang saya alami dalam mengikuti kampus mengajar ini yaitu sulit memahami karakter peserta didik secara cepat, perlu adanya adaptasi secara perlahan. Supaya mampu menjalankan proses pembelajaran dengan baik, tingkat kenyamanan yang perlu di hidupkan dalam keadaan proses pembelajaran dikelas mengalami kendala ketika sebagian peserta didik sulit untuk diatur, sibuk dengan keributan, dan tidak ingin memperhatikan ketika proses menjelasakan materi. Hal tersebut perlu adanya strategi-strategi yang mampu diciptakan didalam kelas secara perlahan, agar peserta didik terbiasa mengikuti proses pembelajaran dengan tertib. Sifat yang mampu dibiasakan dalam lingkungan kelas perlu adanya pengawasan dari pendidik agar peserta didik terbiasa tertib sebelum pembelajaran dimulai.

Mengapa Mahasiswa harus mengikuti program ini?

Mahasiswa sebagai generasi muda harapan bangsa yang menjadi agen of change bagi masyarakat, sehingga mampu menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas, yang memiliki pendidikan yang tinggi agar mampu membantu negara Indonesia semakin lebih maju dalam lingkup pendidikan. Mahasiswa perlu memiliki pengalaman yang menjadi bekal untuk terjun langsung kedalam lingkungan masyarakat, sehingga mampu berbaur dengan masyarakat lainya. Karena pengalaman membantu mahasiwa dalam melakukan proses belajar secara langsung, pengalaman menjadi guru terbaik yang dapat dilakukan oleh mahasiswa yang memiliki semangat dalam proses belajar.

Tips dari Kamu?

  • Untuk mengikuti program pemerintah yaitu kampus mengajar, dari segi fisik harus memiliki kesehatan yang mampu melakukan aktivitas rangkaian kegiatan kampus mengajar supaya mampu mencitpakan tujuan kampus mengajar secara terlaksana.
  • Untuk mengikuti program pemerintah yaitu kampus mengajar, dari segi mental harus kuat menghadapi sikap-sikap peserta didik, yang memiliki sikap-sikap yang berbeda. Ada yang memiliki sikap yang kurang disiplin, kurang dapat diatur dengan baik, dan susah menjalankan perintah yang diberikan. Maka hal tersebut perlu adanya tindakan yang mampu mengahadai peserta didik dengan sabar. Harus kuat menghadapi segala rintangan yang ada didepan sehingga menjalankan kegiatan kampus mengajar dengan baik.
Kegiatan Mengajar di SDN Tirem 2

C. Patma Sulistiana Angkatan 2019

Apa Motivasi Anda?

Hal yang memotivasi saya untuk mengikuti kampus mengajar adalah ingin mendapatkan pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan dalam mengajar. Serta dapat berkontribusi dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia, dengan mengikuti kampus mengajar saya dapat mengetahui secara langsung bagaimana pelaksanaan pendidikan khususnya dalam jenjang sekolah dasar di daerah 3T. Walaupun nantinya prospek kerja saya adalah guru sosiologi ditingkat sekolah menengah atas, namun dengan mengikuti KM saya dapat belajar sekaligus berkontribusi dalam dunia pendidikan. Selain itu pada semester 2 hingga 5 saya mengikuti pembelajaran jarak jauh seperti menggunakan media google meet atau zoom, hal tersebut membuat saya cenderung jenuh, dan ingin memiliki aktivitas lain, dan saya tertarik untuk mengikuti program kampus mengajar.

Kendala yang Anda Alami?

Kendala dalam pelaksanaan KM yang saya rasakan, berkaitan dengan belum meratanya akses internet di sekolah sasaran. Sehingga menjadi tantangan tersendiri dalam menggunakan media pembelajaran atau mengakses materi pembelajaran yang membutuhkan internet. Sedangkan dalam sistem pelaksanaan kampus mengajar, adanya keterlambatan pencairan dana termin ke-1, hal ini membuat mahasiswa harus menunggu pemberangkatan ke sekolah dan untuk yang sudah pemberangkatan harus menggunakan dana pribadi dalam memenuhi kebutuhan hidup dan transportasi selama kampus mengajar ditermin pencairan dana ke-1. Keterlambatan pencairan dana berpengaruh terhadap ketidakmerataan jadwal pemberangkatan, sehingga sempat menimbulkan kebingungan, terutama mahasiswa yang ditempatkan di wilayah luar domisili.

Mengapa Mahasiswa harus mengikuti program ini?

Dengan mengikuti kampus mengajar mahasiswa akan mendapat pengetahuan dan keterampilan seperti facilitating skill, growth mindset, literacy financial, asesmen dan pemetaan literasi dan numerasi, pengetahuan kurikulum paradigma baru, dan lain sebagainya.  Hal tersebut tidak didapat dalam materi pembelajaran kuliah, namun bisa didapatkan dengan mengikuti kampus mengajar. Terjun langsung dalam melakukan pembelajaran, kemudian menjadi agen perubahan terutama dalam adaptasi teknologi di sekolah yang berada di wilayah 3T, menjadi pengalaman berharga yang bisa didapatkan dengan mengikuti kampus mengajar. 

Apa saja tips untuk mengikuti program kampus mengajar?

Tips dalam mental yang harus dipersiapkan adalah komitmen dengan keputusan yang telah diambil dalam mengikuti kampus mengajar, yaitu salah satunya siap ditempatkan dimana saja. Kemudian dalam pelaksanaan pembelajaran, setiap peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda, hal ini menjadi tantangan bagi setiap mahasiswa dalam memahami peserta didik. Oleh karena itu mahasiswa kampus mengajar harus sabar, tidak pantang menyerah dan harus terus berinovasi dalam aspek pembelajaran. Dan tentunya kesiapan mental harus disertai juga dengan kondisi fisik yang baik, jangan lupa makan, minum vitamin dan mentaati protokol kesehatan. Teruslah memiliki keinginan untuk mengetahui dan mencoba hal-hal baru yang bermanfaat, semangat!

SD Negeri 1 Cibeber, Lebak, Banten

Dokumentasi-dokumentasi Aa’ dan Teteh dalam mengikuti program Kampus Mengajar
Teteh Azizah SDN Lebak Wangi (Sepatan Timur)
Teteh Afiyah SDN Kubangkutu 1 Cilegon
Teteh Ani SDN Tanara 1
Aa’ Janu SDN Gaga Jenggot, Mekar baru, Kab. Tangerang
Teteh Ira SDN Cirendeu 1 Kabupaten Tangerang
Teteh Lilis SDN Panimbangjaya 2
Teteh Nasiroh SD Negeri Pasir Padukuhan
Teteh Ana SDN Kubang Kemiri