Srikandi Pendidikan Sosiologi, beranikan diri mengabdi ke Provinsi Aceh.

Posted on

1. Perkenalkan diri Anda

Nama saya Tia Astuti mahasiswa Pendidikan Sosiologi semester 5 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

2. Apa motivasi mengikuti program ini?

Motivasi saya mengikuti kegiatan pejuang muda yaitu karena saya ingin menambah pengalaman, wawasan, dan relasi di luaran sana. Selain itu, ketika mengetahui dan mempelajari kegiatan pejuang muda seperti apa saya merasa kegiatannya sesuai dengan diri saya.

3. Apa persiapan Anda dalam mengikuti program ini?

Persiapan yang saya siapkan lebih kepada mental dan kesiapan diri karena saya akan berada sangat jauh dengan orang tua sehingga saya harus berusaha mandiri. 

4. Apa manfaat yg Anda dapatkan dari program ini?

– Banyak manfaat yang bisa saya dapatkan antara lain

Pengalaman dalam berbagai hal mulai dari tempat baru, orang-orang baru, suasana baru dan lain sebagainya.

– Menambah wawasan dan pengetahuan saya mengenai masyarakat yaitu tentang problematika kehidupan sosial masyarakat dalam hal kesejahteraan sosial.

– Mampu mengembangkan diri saya menjadi lebih mandiri, berani, percaya diri dan kreatif.

– Bersatu dengan tim dari berbagai latar belakang yang berbeda serta pemikiran dan pengetahuan yang. Meningkatkan raaa berbeda sehingga me

– melatih softskill, karena kami disatukan dengan tim dari berbagai latar belakang dan pemikiran yang berbeda mulai dari kultur daerah, universitas, serta kejang semester. Sehingga mampu meningkatkan public speaking atau komunikasi antar anggota tim dan meningkatkan kemapuan bekerjasama dengan tim serta meningkatkan kemampuan untuk memimpin dan mempengaruhi orang lain dalam hal yang positif.

– Membangun rasa empati diri dan lebih peka terhadap lingkungan sekitar

– mendapatkan banyak relasi

– Meningkatkan rasa solidaritas dan toleransi 

5. Kendala apa yg anda alami dalam mengikuti program ini?

– Selama di lapangan kendala yang saya alami yaitu ketidakmampuan saya mengimbangi kegiatan lapangan program pejuang muda dengan kegiatan kuliah (belajar di kelas dan pengerjaan tugas-tugasnya). Karena kegiatan yang saya lakukan merupakan kegiatan yang betul-betul terjun langsung ke lapangan bersama masyarakat. Sehingga sering kali pada saat perkuliahan berlangsung dan pengerjaan tugas-tugas yang diberikan menjadi kewalahan.

6. Apa saran Anda untuk mahasiswa yg ingin mengikuti program ini?

Ketika di awal pendaftaran terdapat pemilihan lokasi penempatan, saya pribadi yang bertempat tinggal di kabupaten Bogor memilih penempatan di kabupaten Bogor juga. Akan tetapi pada saat proses penempatan yang diberikan oleh panitia Kemensos saya mendapatkan penempatan di Aceh Barat. Tentu hal itu menjadi pertimbangan yang sangat besar bagi saya dan keluarga. Akan tetapi saya berusaha meyakinkan diri dan keluarga terutama orang tua. Untuk itu pesan yang bisa saya berikan yaitu untuk teman-teman yang ingin mencoba mengikuti program pejuang muda, harus memiliki tekad dan mental yang kuat dan berani serta harus percaya terhadap diri sendiri maupun lingkungan luar. Banyak ekspetasi di awal yang mungkin kadang melemahkan dan membuat mundur, padahal ketika di jalani dan kita yakin semua akan bisa dijalani. Karena untuk mendapatkan hal terbaik butuh usaha dan pengorbanan yang terbaik pula. Program ini sangat baik untuk diikuti, banyak hal yang bisa didapatkan. Kita hanya perlu berani, tetapi tetap dengan bekal persiapan yang matang dalam berbagai hal.