Ira Ardila Meraih Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional

Posted on

Ira Ardila, mahasiswa pendidikan Sosiologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa berhasil meraih juara 1 dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Muslim Psikologi (Imamupsi) Universitas Islam Indonesia yang berkolaborasi dengan Imamupsi Indonesia dalam acara National Islamic Psikology Fair 2024.

Acara National Islamic Psychology Fair (NIPF) tersebut diselenggarakan secara offline pada hari Sabtu-Minggu, tanggal 24-25 Februari 2024 dengan tema Psikologi Islam Sebagai Teman Dewasamu. Sebelum diundang ke acara tersebut, naskah peserta lomba diseleksi secara online dan tiga karya terbaik dipilih untuk dipresentasikan secara langsung di hadapan dewan juri yang berkompeten di bidang karya tulis ilmiah juga bidang psikologi islam. Ira Ardila sebagai ketua tim bersama dua orang anggota dari FKIP Untirta berhasil mempresentasikan Karya Tulis Ilmiah dengan baik. Panitia memberikan durasi presentasi selama 15 menit dan tanya jawab selama 25 menit. Selain presentasi karya, rangkaian acara NIPF yaitu Seminar Nasional, diskusi, dan pengumuman lomba.

Ira berpendapat bahwa ilmu psikologi masih berhubungan dengan sosiologi,

“Iya, masih berhubungan karena ilmu psikologi diperlukan untuk memahami prilaku masyarakat. Seperti yang kita ketahui bahwa masyarakat merupakan objek kajian sosiologi. Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Untirta juga mempelajari Mata Kuliah Psikologi Sosial dan Psikologi Pendidikan, jadi menurut saya sangat related, dan ajang lomba ini menambah pengetahuan saya” tutur Ira.

Ira mengungkapkan bahwa dirinya sangat bangga bisa mengharumkan nama Jurusan Pendidikan Sosiologi Untirta di tingkat nasional.

“Saya berharap semoga pencapaian ini dapat mengharumkan nama Pendidikan Sosiologi Untirta, dapat memotivasi mahasiswa jurusan Pendidikan Sosiologi untuk meningkatkan prestasinya” tutur Ira.